Sabtu, 15 Maret 2014

Beranda Emang Rapi, Tapi Profil Kami??



Hampir 3 tahun saya berada di sini. Berada pada sebuah Sekolah Menengah Atas (sebut saja SMA TBSR 01), salah satu sekolah yang ada pada pinggiran kota ini. Sekolah dengan bangunan yang cukup megah dengan fasilitas yang serba mewah. Bisa dibilang sekolah ini adalah sekolah yang dianggap favorit.

3 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk mengenal profil sekolah ini. Hampir separuh hari-hari saya, saya lewati di tempat ini. Sedikit merasa senang, sebentar lagi saya akan meninggalkan tempat ini. Tempat yang penuh dengan kebobrokan. Bagaimana tidak? Siswa-siswi di sini dituntut untuk belajar, belajar, dan belajar. Memang iya, sekolah ini terkenal dengan siswa-siswi “yang katanya pintar-pintar” tapi, sekolah ini salah besar.

Sekolah yang baik akan mengakomodasi kepentingan siswa, baik dibidang akademis maupun pengembangan kreatifitas (bakat). Sangat disayangkan, siswa di sini selalu dituntut untuk mengembangkan nilai akademis, tanpa mendukung bakat atau kemampuan yang dimiliki siswa.
Masih terlintas dibenak saya, pada saat saya MOS di kelas 10. Pada saat itu, ekstrakulikuler sangat digembor-gemborkan. Namun, selama hampir 3 tahun saya di sini, hal itu hanya formalitas belaka. Ekstrakulikuler tidak berjalan mulus, hanya ekstra-ekstra tertentu saja yang diperhatikan. Bahkan ada beberapa ekstra yang sama sekali tidak terdengar kabarnya.

Tidak hanya itu, setiap siswa yang akan meminta dana untuk melakukan suatu kegiatan, dana tersebut sulit sekali untuk turun. Alasan dari pihak sekolah yaitu “sekolah tidak bisa memberi dana, karena proposal yang kamu beri terlalu mendadak.” Sungguh ironis, dana untuk siswa sulit turun, tapi apa?? Sekolah ini malah terus-terusan melakukan pembangunan dan perbaikan fisik gedung sekolah. Padahal uang tersebut akan lebih bermanfaat jika diberikan kepada sie ekstrakulikuler untuk memajukan ekstra yang ada dan dapat digunakan untuk menyalurkan bakat-bakat yang ada pada siswa.

Hingga sampai saat ini, saat-saat sebelum saya meninggalkan tempat ini, belum ada perubahan yang terjadi. Saya sangat prihatin dengan keadaan ini. Bagaimana nasib sekolah ini setelah saya lulus nanti? Apakah akan ada perubahan ke arah yang lebih baik? Atau... akan menjadi lebih buruk. Selalu memprioritaskan akademik dan menghiraukan bakat yang dimiliki siswa.

Kalau beranda kami sih emang rapi, hanya profil kami yang masih berantakan. Tapi tidak apa-apa, yang penting tetap maju!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar