Selasa, 03 Maret 2015

DBL Jogja 2015 : Kompetisi Terakhir


Bagi anak-anak SMA di Indonesia khususnya di Yogyakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan Developmental Basketball League (DBL). Ajang basketball bergengsi sekaligus terbesar di Indonesia ini sangat diminati oleh anak-anak muda. Namun selain basketball competition, DBL Indonesia juga menyuguhkan kompetisi lain seperti dance competition, 3x3 loop competition, dan yang tak kalah seru ada journalist competition.

Ngebaca judul postinganku kali ini kayaknya keren gitu yaa.. Seolah-olah aku kayak ikutan kompetisi basket yang terakhir. Padahal ya enggak -__- Di DBL Jogja aku ikut Journalist Competition 2014 dan Journalist Competition 2015, tepatnya jadi photographer. Nahh untuk itu, langsung aja ya cuss ke pengalamanku selama mengikuti journalist competition 2014 dan 2015.

Journalist Competition Honda DBL D.I Yogyakarta series 2014
Sebelum-sebelumnya gak pernah terbayangkan dan gak pernah ada niat buat ikut journalist competition ini. Maklum aja, dulu itu aku masih kelas X dan masih awam banget tentang dunia SMA khususnya tentang event-event anak SMA. Awal kejadiannya gini, ada kakak kelasku, dia anak basket nyariin aku dan bilang :
“Kamu Nisrina kan?” tanyanya dengan serius
“Iya.. Gimana?” jawabku dengan polos
“Besok kamu dokumentasiin pas DBL yaa..” pintanya dengan penuh permohonan
“Siapp” jawabku dengan penuh kesiapan
Pas disuruh jadi dokumenter aku ya siap-siap aja dan pasti mau, secara aku emang suka sama dunia foto memfoto dan suka mendokumenkan sesuatu. Tapi ternyata eh ternyata, ini itu bukan sekedar buat ngedokumentasikan momen-momen saat sekolahku tanding basket aja, ternyata aku ditunjuk buat ikut kompetisi -__- Nasi telah menjadi bubur, aku udah terlanjur ke daftar jadi salah satu peserta journalist competition DBL Jogja 2014 dan siap gak siap aku harus ngejalaninya.

Kompetisi di mulai. Dengan bermodalkan kamera dan lensa seadanya serta dengan ilmu fotografi yang masih asal-asalan akhirnya aku bisa juga menikmati kompetisi ini. Ya walaupun sebenernya aku sangat-sangat minder kalo liat temen lain megang kamera + lensa yang bagus-bagus.

Setelah dua minggu bolak-balik GOR UNY, pulang sekolah langsung ke GOR dan pulang dari GOR pasti malem, dengan bantuan dianter jemput sama kakak akhirnya kompetisi ini selesai juga. Intinya seneng, di sini aku punya banyak kenalan baru dan yang pasti aku punya banyak pengalaman yang berharga. Oh iya, di journalist competition 2014 aku parteran sama Mbak Nisa Fauziah.

Journalist competition 2014 ditutup dengan agenda Journalist Camp di Kaliurang, acara ini selain untuk pembubaran panitia DBL 2014 juga untuk malam awarding. Pada saat awarding, namaku maupun nama sekolahku sama sekali gak disebut di salah satu nominasi kejuaraan. Tapi gak masalah, tujuanku di sini bukan untuk cari title juara. Yang aku cari adalah sebuah pengalaman.

Journalist Competition Honda DBL D.I Yogyakarta series 2015
Tahun telah berganti dan acara tahunan Developmental Basketball League (DBL) datang kembali. Tahun ini, aku udah berniat buat gak ikut journalist competition lagi. Tapi sialnya, aku dipaksa buat ikut journalist competition 2015 dengan partner temen deket aku sendiri namanya Sabila. Di tahun yang kedua ini, aku sedikit lebih berpengalaman, mulai dari cara daftar, daftar ulang, TM, dan saat di lapangan. Intinya tahun ini aku lebih enjoy aja.

Jumat, 23 Januari 2015 dimulailah kompetisi kedua sekaligus terakhirku ini. Masih keinget tahun lalu aku dateng ke GOR UNY dianter jemput sama kakak, tahun ini beda aku udah boleh ke GOR naik motor sendiri boncengan sama partnerku.
Yappp seperti tahun lalu, aku selalu minder saat liat temen-temen fotografer yang lain megang kamera + lensa bagus. Ya walaupun saat ini aku udah pake lensa yang sedikit lebih bagus dari tahun lalu, tapi tetep aja aku ngerasa minder. Hah lupakan minder!!

Hampir tiap hari, pulang dari sekolah terus cepet-cepet mandi dan packing buat ngeGOR, terus habis asar berangkat ke GOR pulang paling cepet jam delapan malam, habis tu masih harus ngerjain PR + belajar buat ulangan, semua itu aku nikmati.

Berbekal dengan pengalaman ikut journalist competition tahun lalu, tahun ini aku punya terget buat dapet title juara entah apapun itu. Terutama setelah sekolahku dipastiakan enggak lolos big eight. Ada salah satu temenku yang bilang kalo aku dan Bila tinggal satu-satunya harapan buat ngebanggain nama sekolah. Dan dari itu aku tambah semangat ngeliput. Aku bener-bener pengen dapet salah satu kejuaraan, pengen buktiin kalo SMAN 1 Wates juga bisa dapet peringkat di kompetisi antar pelajar di Jogja. Semangatku tambah membara setelah aku mendapat Post of The Day tanggal 30 Januari 2015, dari saat itu aku bener-bener berambisi buat membawa bangga nama SMAN 1 Wates maupun nama Kulonprogo.

Hari terus berganti dan semangat tak pernah henti. Walaupun harus menerobos dinginnya malam dan derasnya hujan serta sering menomorduakan pelajaran akhirnya journalist competition 2015 berakhir tanggal 07 Februari 2015. Legaaaa, akhirnya gak usah capek-capek bolak balik Kulonprogo-Jogja lagi. Setelah memilih foto untuk penjurian, sekarang saat untuk berdoa dan menunggu hasil dari perjuanganku selama dua minggu ini.

Doa, usaha, dan harapan. Semuanya akan terjawab di Journalist Camp 2015, tiga minggu setelah final party kemarin. Yaitu tanggal 28 Februari – 01 Maret 2015 di Villa Tempuran Hills Kaliurang.

Dag dig dug, dag dig dug. Journalist Camp tahun ini rasanya bener-bener bikin jantung mau copot. Ya walaupun yang dateng lebih banyak tahun lalu, tapi rasanya lebih seru tahun ini. Setelah melewati beberapa acara yang seru abizzz, sekarang saatnya yang ditunggu-tunggu. AWARDING NIGHT!! aku bener-bener deg-degan ditambah suasana yang tiba-tiba jadi sepi. Satu persatu nominasi kejuaraan dibacakan, mulai dari best spirit, best socmed, best writer dan best photographer. Namaku gak disebut, saat itu juga aku langsungg down. Jam udah menunjukkan pukul dua belas malam kurang sedikit, tiba-tiba mbak-mbak MC bilang “dan yang mendapatkan 3rd palce adalah dari SMA 1...” aku bener-bener panik saat itu. “Selamat untuk SMAN 1 Wates.” Alhamdulillah Ya Allah.. Seneng banget pastinya, jujur kalo gak ada orang pasti aku udah nangis. Setelah nerima hadiah, lalu seneng-seneng, nyanyi bareng sama temen-temen, acara malam ini selesai. Dan dilanjut dengan acara outbond di pagi hari yang tak kalah seru!
***

Kompetisi telah berakhir ditahun terakhir. Semuanya bener-bener PEDJAH!!! Aku bener-bener gak nyangka bisa ikut kompetisi sebesar dan sehebat ini. Bener-bener jadi pengalaman berharga yang pernah aku dapatkan. Banyak sekali pelajaran, pengalaman, dan kenangan yang aku peroleh dari kompetisi ini. Yang pasti, dari sini aku bisa dapet kenalan baru, temen baru, keluarga baru dari sekolah-sekolah lain di Yogyakarta. Bisa tau info terbaru yang lagi ngehitz di Jogja Kota. Dan juga aku bisa tau dan kenal lebih dekat sama Crew DBL Jogja.

Kalo boleh jujur, alasan terkuat kenapa aku pengen banget dapet juara di Journalist Competition ini ya karena hal yang sepele tapi gak boleh di sepelekan. Hampir setiap diajak kenalan “Dari SMA berapa?” terus aku jawab “SMA 1 Wates” pasti orang itu tanya lagi, Wates itu mana?? Nahh itu yang bener-bener buat aku semangat buat ngedapetin juara. Aku gak pengen Kulonprogo khususnya SMAN 1 Wates di anggap sebelah mata. Intinya Kulonprogo juga punya siswa/siswi unggulan yang bisa bersaing baik dengan anak kota.

Itu sajalah yang dapat aku sampaikan, suka duka selama dua tahun mengikuti kompetisi yang sama. Terimakasih untuk Allah SWT yang senantiasa memberi kesehatan, terimakasih untuk kedua orang tua yang selalu memeberi ijin, doa, dukungan dan ngebantu milih foto buat penjurian, makasih buat partnerku yang telah sama-sama berjuang untuk nama sekolah, serta makasih untuk semua teman-teman atas doa dan supportnya. Ini yang hanya dapat kami berikan untuk sekolah tercinta, SMAN 1 Wates. Maaf kami tidak bisa mendapatkan 1st palce, tidak bisa mendapatkan title best photographer. Tapi semoga 3rd place dapat membuat kalian semua bangga, dan setidaknya kami telah berjuang semampu kami meski tanpa dukungan yang besar dari pihak sekolah. Tulisan ini saya buat dengan hati yang paling dalam ditambah air mata yang gak bisa ditahan untuk tidak keluar.

Sedikit pelajaran untuk kita semua, jangan pantang menyerah untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Selalu berusaha, berjuang, dan jangan lupa untuk berdoa. Semua pasti ada hikmahnya, meski terkadang harapan tidak sesuai keinginan. So, jangan mudah menyerah kawan, karena pengalaman adalah guru yang paling berharga :)


Saksi perjuangan selama journalist competition 2014 & 2015
Journalist Camp 2014
Kebersamaan peserta journalist competition 2014 saat di lapangan






2 komentar:

  1. Cieh Cah jurnalis, wedi aku.
    Keren!! sayangnya gak ada aku

    BalasHapus
  2. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    BalasHapus